Kamis, 28 November 2013

Sosialisasikan Manfaat Koperasi untuk Masyarakat

 26 November 2013, 08:5


Berpijak pada keinginan kuat menyejahterakan masyarakat, upaya menumbuhkembangkan koperasi dilakukan secara emnyeluruh. Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan dua kerangka besar program dilihat dari sasarannya. Yang pertama ialah program bagi kelompok masyarakat yang belum membentuk koperasi. Secara umum, ini merupakan rangkaian program menumbuhkan keinginan membangun koperasi serta mendampingi hingga terbentuknya organisasi usaha. Bagi masyarakat yang ingin membentuk koperasi, pemerintah melakukan sosialisasi mendasar, tentang apa itu koperasi dan bagaimana mengelola koperasi.
Sosialisasi ini tak ubahnya upaya mempengaruhi. Tujuannya tentu agar masyarakat memahami manfaat didirikannya koperasi hingga tertarik untuk membentuk organisasi. Riilnya, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya sebagai pelaksananya meyakinkan masyarakat bahwa koperasi adalah salah satu jalan peningkatan kesejahteraan. Dalam segala macam proses sosialisasi, pesan yang diusung menjadi poin yang sangat penting. Memahami hal tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM mencoba menyusun peran yang mampu mengundang ketertarikan masyarakat. Kali ini, pesan yang diusung ialah soal manfaat yang dapat diunduh dari membangun koperasi.
Sekecil-kecilnya manfaat koperasi tetaplah bernilai luar biasa. Itu dapat dilukiskan dalam usaha simpan pinjam. Simpan pinjam memang denyut nadi koperasi. Usaha simpan pinjam member manfaat paling dekat dengan anggotanya. Di lingkungan kantor misalnya, adanya simpan pinjam mampu memberikan dukungan pada karyawan yang membutuhkan, jika Kebutuhan karyawan dapat dipenuhi maka produktivitas kerja bisa meningkat. Kondisi itu juga berlaku di lingkungan masyarakat. Tak jarang koperasi menyelamatkan kesulitan membayar biaya sekolah, biaya kesehatan, biaya uang muka rumah atau perbaikannya, dan sebagainya.
Pesan penting sosialisasi tentang ini ialah koperasi punya peluang untuk menjadi usaha dalam skala besar. Sebagai unit usaha resmi yang berbadan hukum, koperasi berhak untuk mengembangkan usahanya ke berbagai bidang seperti yang dilakukan oleh unit usaha lain. Di Surabaya, banyak yang sudah membuktikan kekuatan usaha koperasi tidak kalah dengan unit usaha lain. Ada banyak koperasi yang usahanya berjalan baik. Asetnya pun bagus. Ada koperasi kita yang menjalankan usaha SPBU, ada juga yang punya aset bagus seperti bus, bahkan kapal.
Berbagai pesan yang disampaikan dalam sosialisasi bermuara pada kesimpulan bahwa koperasi bernilai lebih dari sekadar lembaga ekonomi. Manfaat koperasi tidak hanya berlangsung pada level individual, tetapi juga sosial. Berbeda dengan unit usaha perorangan, koperasi memberikan kemanfaatan kepada seluruh anggotanya. Jadi makin besar usahanya, makin besar pula keuntungan yang didapatkan oleh anggotanya.
Upaya mempengaruhi masyarakat ini mendapatkan respon positif. Mulai tumbuh ketertarikan masyarakat terhadap koperasi. Untuk mengakomodir keinginan masyarakat ini, Dinas Koperasi Kota Surabaya membuka pintu lebar bagi kelompok masyarakat yang ingin berkonsultasi sebelum mendirikan sebuah usaha koperasi. Masyarakat dapat bertukar tentang idenya serta mendapatkan bimbingan dan arahan agar keinginan mereka membangun usaha makin terencana dengan baik.
Keberhasilan komunikasi adalah seberapa tepat orang lain memaknai pesan yang disampaikan. Jika merujuk pada angka 50-70 koperasi baru yang tumbuh setiap bulannya boleh dikatakan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi berhasil dalam menumbuhkan semangat berkoperasi. Capaian ini akan terus coba direplikasi untuk menghasilkan keberhasilan – keberhasilan yang lain. Karena pada dasarnya, semakin banyak koperasi yang hadir, ada peluang lebih dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.




Menurut Saya:  kegiatan mensosialisasikan manfaat koperasi dalam masyarakat itu merupakan hal yang baik. Berbagai pesan yang disampaikan dalam sosialisasi berkesimpulan bahwa koperasi bernilai lebih dari sekadar lembaga ekonomi. Manfaat koperasi tidak hanya berlangsung pada level individual, tetapi juga sosial. Berbeda dengan unit usaha perorangan, koperasi memberikan kemanfaatan kepada seluruh anggotanya. Jadi makin besar usahanya, makin besar pula keuntungan yang didapatkan oleh anggotanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar